Rabu, 13 Januari 2021

St. Hilarius

B-046 – Ibr 2:14-18 – “Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai” (ay 18)

SERUPA DENGAN SAUDARA-SAUDARANYA DALAM SEGALA HAL

  1. Antara Kristus dan manusia ada hubungan kekeluargaan (ay 14). Hubungan sedemikian itu, yang secara nyata terungkap dalam keterlibatan Yesus di dalam hidup manusiawi, memang menjadi syarat mutlak, supaya Anak Allah dapat mengalahkan kuasa maut (ay 14) serta membuka pintu kehidupan bagi manusia (ay 16).
  2. Namun atas dasar keterlibatan-Nya yang sama, yang dengan jelas nampak dalam penderitaan yang ditanggung-Nya (ay 18), Kristus berperan pula sebagai imam besar “yang menaruh belas kasihan dan yang setia” (ay 17). Sebagai imam itu, Kristus menebus dosa umat manusia. Maka sekarang sudah diketahui, ibadat manakah yang diperkenan oleh Allah Bapa.
  3. Ibadat itu dapat dirumuskan sebagai ketaatan sempurna kepada Allah serta sebagai keterlibatan mendalam dalam nasib hidup manusiawi. Bait Allah di kota Yerusalem telah diganti dengan sebuah Bait Allah baru, yaitu dengan Tubuh Kristus.

Mrk 1:29-39 – “Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan” (ay 39)

Leave a Reply