Minggu, 22 Nop 20

HR KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM

A-357 – Yeh 34:11-12.15-17 – “Aku sendiri akan menggembalakan domba-domba-Ku dan Aku akan membiarkan mereka berbaring, demikianlah firman Tuhan Allah” (15)

HANYA ALLAH MENGHIMPUN DALAM KASIH

  1. Dalam zaman pembuangan, di masa yang suram itu, para pemuka Yahudi yang bertanggungjawab atas rakyat, benar-benar lalai menjalankan kewajiban-kewajibannya. Ketidakadilan merajalela di mana-mana. Kenyataan yang menyedihkan ini dimanfaatkan nabi sebagai kesempatan untuk memperkenalkan Allah (ay 11.15) sebagai satu-satunya pribadi yang sanggup menghimpun segala bangsa, sesuai dengan cita-cita anak-anak Israel (ay 12-13), yaitu menjadikan segala bangsa sebuah keluarga besar yang berpedomankan persaudaraan dan kasih (ay 16).
  2. Dari ajaran Yesus dapat kita ketahui, bahwa Allah sebagai gembala dan penghimpun manusia dalam suasana kasih, tidak bermaksud mengkhususkan bagi diri-Nya suatu bangsa tertenu saja. Ia menghendaki supaya manusia sendiri dengan cerdas mengatasi perbedaan-perbedaan budaya, sosial maupun politik yang terdapat di kalangan mereka dan sendiri berusaha membangun di bumi suatu keluarga yang diresapi kasih persaudaraan.

Mat 25:31-46 – “Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku” (ay 40

Leave a Reply