Kamis, 22 Oktober 2020

A-326 – Ef 3:8-12.14-19 – “Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus”

RAHASIA YANG SELUBUNGNYA PERLU DIBUKA

  1. Orang-orang Kristen dititipi sebuah rahasia. Tetapi mereka sering berlaku seolah-olah mereka tidak mengenalnya dan seolah-olah tugas mereka yang pertama bukan membuka selubung rahasia itu. Mereka tahu jalan masuk ke dalam rahasia “yang berabad-abad telah tersembunyi dalam Allah” (ay 9). Dan inilah rahasianya: Yesus Kristus adalah penyelamat umat manusia dan keterlibatan-Nya dalam kehidupan manusiawi harus dilihat sebagai kejadian yang menentukan bagi sejarah umat manusia, sebagai kejadian yang menentukan bagi sejarah umat manusia, sebagai kejadian yang membantu manusia menyuadari makna dan dimensi karya Allah dan petualangan manusia dengan tepat (ay 18).
  2. Tetapi untuk masuk ke dalam rahasia ini perlu menjadi manusia “batiniah” (ay 16) dan senantiasa tertanam dalam kasih yang sejati (ay 17.19).
  3. Apakah misteri iman yang sangat poko ini dipelihara orang-orang Kristen sekarang ini? Kehidupan rasul Paulus berpusatkan Kristus. Kristus menjadi segala-galanya bagi dia. Dan bagaimana kita?

Luk 12:49-53 – “Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah Aku harapakan, api itu telah menyala” (ay 49)