Sabtu, 17 Oktober 2020

St. Ignatius dari Antiokia

A-321 – Ef 1:15-23 – “Setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus, aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu”

KENAIKAN YESUS, AWAL SEBUAH ZAMAN YANG BARU

  1. Roh hikmat yang dimohonkan Paulus bagi para pembaca suratnya (ay 17) hendaknya membuka hati mereka untuk “mengenal” rencana Allah yan telah terlaksana dalam diri Kristus. Tidak mungkin mengakui Kristus sebagai Tuhan (ay 20), bila kita belum kagum dengan “kuasa” ilahi-Nya yang istimewa (ay 19), yang memancar dalam diri Yesus yang disalibkan. Justru kuasa itulah kini tersedia bagi manusia (ay 19), supaya mereka dapat membentuk Tubuh, dengan Kristus sebagai kepala, serta dengan demikian menemukan panggilannya yang sebenarnya (ay 22).
  2. Percaya akan kekuasaan mutlak Kristus, berarti sekarang juga melibatkan diri secara aktip dalam perutusan Gereja. Berarti menemukan makna dan isi pengharapan (ay 18).
  3. Bila ditinjau dengan cara ini, maka misteri kenaikan Yesus (ay 20) membantu kita menyadari, bahwa bersama dengan Kristus, mulailah suatu zaman baru bagi manusia.

Luk 12:8-12 – “Barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat Allah” (ay 9)

Leave a Reply