Selasa, 3 Desember 2019

A:003 – Yes 11:1-10 – “Roh Tuhan akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan Tuhan; ya kesenangannya ialah takut akan TUHAN” (ay 2-3).

Catatan 1: Bacalah Yes 11:1-10 dalam terang Tuhan kita Yesus Kristus. Karena Dialah pemenuhan dari apa yang dinubuatkan Yesaya dalam bacaan ini.

  1. Ketika melukiskan gambaran raja Israel di masa mendatang, nabi Yesaya menyebutkan tiga ciri: Pertama, Ia akan mengalami pencobaan (raja itu adalah sebuah tunas yang diambil dari pohon yang telah dicabut) (ay 1). Kedua, ia akan memiliki keutamaan-keutamaan hati yang dimiliki para moyang keluarganya (ia akan takut akan Allah seperti Yakub, teguh seperti Daud, bijaksana seperti Salomo) (ay 2) Ketiga, ia akan memiliki kekuatan Roh Kudus yang tampak dalam peristiwa Keluaran di zaman dahulu dalam rupa pelbagai kejadian ajaib.
  2. Nabi Yesaya berharap bahwa raja yang akan datang itu akan berdaya upaya dan benar-benar melibatkan dirinya dalam usaha menegakkan keadilan sosial dan perdamaian (ay 3-5).
  3. Dari manakah raja itu harus menimba kekuatan bagi perjuangannya? Dari pengenalan akan Allah yang mendalam (ay 9). Dengan kata lain: Pengurapannya oleh Roh Kudus akan tampak berbuah dalam hasil karyanya.

Catatan 2:
Yes 11:1 – Tunas. Yesaya memberikan gambaran yang indah tentang dunia baru masa depan yang diperintah oleh sang Tunas, yaitu Yesus Kristus. Tunas (Ibr-netzer) mungkin merupakan akar kata dari nama Nazaret. Yesus disebut sebagai orang Nazaret (Mat 2:23) yang bisa berarti “orang dari Tunas.” Ia akan muncul sebagai Tunas dari tunggul Isai, yaitu ayah Daud.
Yes 11:2 – Mesias akan diurapi secara luar biasa oleh Roh Kudus supaya dapat melaksanakan kehendak Bapa dan membawa keselamatan penuh bagi bangsa-bangsa (Yes 61:1; Mat 3:16-17; Yoh 1:33-34).
Yes 11:2-3 – Yesaya lebih banyak menyebut Roh Kudus daripada nabi PL lainnya.
Yes 11:4 – Ayat ini mengacu kepada kedatangan kembali Kristus ke dunia untuk menghukum dan membinasakan segala yang jahat. Kedatangan kembali untuk mengadakan pembalasan yang adil ini diperlukan untuk menetapkan pemerintahan-Nya yang sempurna dan benar.
Yes 11:5 – Kebenaran dan kesetiaan merupakan sifat integral pemerintahan Mesias; keduanya juga menjadi tuntutan bagi semua orang yang akan memimpin dalam Gereja Mesias.
Yes 11:6-9 – Zaman Mesias akan ditandai oleh tidak adanya permusuhan, kekejaman, yang di sini dilambangkan oleh kedamaian di antara semua binatang. Mesias akan membawa damai di bumi serta mengubah orang percaya dan alam sebagai hasil akhir penebusan.
Yes 11:10-16 – Hari-hari terakhir dari kerajaan Mesias akan didahului oleh berkumpulnya kembali orang Yahudi yang menerima Yesus Kristus sebagai Mesias.

Leave a Reply