Senin 2 Desember 2019

    1. – Yes 4:2-6 – “Pada waktu itu tunas yang ditumbuhkan TUHAN akan menjadi kepermaian dan kemuliaan, dan hasil tanah menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi orang-orang Israel yang terluput”
    1. Diresapi akan datangnya Mesias, nabi Yesaya mempunyai firasat, bahwa Tuhan akan menumbuhkan suatu “tunas” dari wangsa Daud. Tunas itu akan tumbuh di tengah pencobaan dan akan tersembunyi di antara “sisa” sejumlah orang beriman yang setia. Tunas itu akan membawa kebahagiaan, keteduhan, dan kemuliaan.
    2. Setelah Kristus datang di bumi, kemuliaan Allah itu datang kepada manusia melalui jalan penderitaan dan kematian di salib. Tetapi kenyataan yang terjadi sampai hari ini, betapa enggannya manusia untuk membuka diri terhadap Kristus dan bersatu dengan-Nya. Maka yang terjadi ialah manusia tidak memiliki damai dan kemuliaan. Celaka dan sia-sialah kalau aku tidak memiliki damai dan kemuliaan.

Catatan:
Sebagai orang yang ingin selalu hidup dalam Firman Tuhan, kita harus membaca Kitab Suci PL dalam terang Kristus, karena di sana Kristus dikandung; tanpa terang Kristus, PL tidak punya arti apa pun. Kata tunas (ay 2) menunjuk pada Yesus Kristus. Ia akan tampil sebagai Tunas Daud (lihat Yes 11:1; 53:2; Yer 23:5; 33:15; Za 3:8; 6:12).
Yes 4:2-6 mengacu kepada saat hukuman dan keselamatan, yaitu saat ketika Kristus akan memerintah di atas sisa umat-Nya yang setia di Yerusalem (ay 4) dan memelihara mereka dengan perhatian dan kasih yang besar (bdk 38:5-8.15-17; Yes 65:18). (2.12.2019)

Leave a Reply