Minggu 1 Desember 2019

– Yes 2:1-5 – “Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang TUHAN” (ay 5)

Bacalah teks bacaan selengkapnya dengan teliti dan cermat

  1. Bukit Sion, yang tidak tinggi itu, terlihat oleh Yesaya berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bumi (ay 2). Dalam visi nabi ini terwujudlah impian orang yang dahulu kala membangun menara Babel (Kej 11:4). Berkat apakah Sion terangkat ke atas bumi? Bukan karena usaha manusia sendiri, tetapi hal itu terjadi berkat persekutuan manusia dengan Allah.
  2. Namun pengangkatan ini harus ditebus dengan harga yang tinggi. Sebagai imbalannya, Sion harus menanggalkan dua sikap yang merongrongnya dari dalam, yaitu partikularisme yang sempit dan picik serta kesombongan. Hanya dengan demikian Sion akan dapat dihampiri oleh semua bangsa (ay3). Dengan mengatasi partikularisme, Sion akan mampu memperkenalkan kepada bangsa-bangsa dunia suatu ibadah rohani serta pengenalan akan Allah yang tidak dirasuki unsur- formalism (ay 4). Dengan caranya sendiri pula, Sion akan ikut serta dalam usaha menciptakan serta menegakkan perdamaian di antara segala bangsa.
  3. Nubuat Yesaya ini memuncak dalam diri Yesus Kristus. “Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa” (ay 4). Sebagai Hakim, Yesus Kristus menentukan benar atau salah dan sebagai Wasit, Dia akan adil dan kasih sebagai pendamai antara bangsa-bangsa. Melalui Mesias (Yesus Kristus) yang akan datang di kota Sion, dari sana akan dijarkan kedamaian dan kasih yang saling membangun, itulah yang dinyatakan dalam nubuatan ini “maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang”.
  4. Pesan untuk masa Adven: Sebagai keturunan Yakub, kita harus berani meninggalkan sikap partikularisme dan kesombongan, menjadi pembawa damai dan kasih sejati sebagaimana telah diteladankan Kristus, Tuhan kita. (1.12.2019)

Leave a Reply