Minggu 24 Nopember 2019, HR Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam, KRISTUS RAJA DI ATAS SEGALA RAJA

BACAAN

2Sam 5:1-3 – “Mereka mengurapi Daud menjadi raja atas Israel”
Kol 1:12-20 – “Allah telah memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang terkasih”
Luk 23:35-43 – “Yesus, ingatlah akan daku, apabila Engkau datang sebagai Raja”

 

RENUNGAN

  1. Pada Minggu akhir tahun liturgi Gereja ini, kita merayakan Kristus Raja Semesta Alam. Ia adalah Raja, di mana dengan kasih-Nya semua makhluk diciptakan, dikuasai, dan dijaga. Ia Raja Kasih di mana wilayah-Nya tidak terbatas dan siapa pun yang percaya kepada-Nya akan beroleh keselamatan. Ia Raja Ketaatan, Kerendahan Hati, Penghambaan, Penderitaan, dan Pengorbanan bagi keselamatan semua manusia. Ia Raja tetapi juga pelayan, bahkan pelayan dari segala pelayan. Ia tidak memperhatikan penderitaan dan perendahan yang Ia alami. Ia hanya berpusat pada perutusan-Nya, yaitu melaksanakan kehendak Bapa.
  2. Sudah selayaknya kita membuka hati untuk menerima Kristus dalam hidup kita dan membiarkan Dia merajai pikiran, hati, perasaan, dan perbuatan kita sehingga dari diri kita mengalir kasih-Nya untuk sesama dan semua citaan-Nya. Kasih yang melayani, mengampuni, dan berkurban. Kasih yang tampak dalam kata-kata yang menyejukkan dan memberi harapan.
  3. Tidak mudah mengikuti Kristus yang penuh penderitaan dan pengurbanan. Namun ketika kita memang memasuki penderitaan, Yesus hadir di dalam hidup kita. Yesus terus-menerus mengundang kita untuk mengikuti-Nya. “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” (Mat 11:28).

Leave a Reply