Sabtu 23 Nopember 2019, PENGHARAPAN AKAN KEBANGKITAN

BACAAN

1Mak 6:1-13 – “Karena segala kejahatan yang kuperbuat terhadap Yerusalem, maka aku sekarang mati dalam kepedihan yang besar”
Luk 20:27-40 – “Allah bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup”

 

RENUNGAN

  1. Dalam Injil hari ini, Yesus berbicara tentang kebangkitan dan gambaran kehidupan dalam alam kebangkitan itu. Sebagai orang beriman, saat kita merenungkan tentang kematian, kita pun harus merenungkan soal kebangkitan, karena kebangkitan dan hidup kekal merupakan akhir dari seluruh perjalanan hidup kita di dunia ini. Hidup baru setelah kematian menjadi harapan semua orang beriman.
  2. Soal adanya kebangkitan itu bukan hal yang harus diperdebatkan lagi. Yesus sendiri disebut sebagai yang sulung dari semua orang yang mengalami kebangkitan (1Kor 15:20-21). Oleh karena itu, kita diajak untuk dekat dan bersatu dengan Allah. Tugas kita adalah berjuang untuk hidup sebaik-baiknya, menjalankan firman Tuhan dengan penuh sukacita, dan taat terhadap kehendak Allah, sambil terus berharap bahwa kita semua dengan bantuan kerahiman Allah diperbolehkan mengalami hidup kekal tersebut. Hidup kita sebagai orang beriman sepenuhnya untuk Kristus yang telah menjamin keselamatan kita baik di dunia ini maupun di akhirat nanti.
  3. Jadi kita memiliki jaminan kehidupan sesudah mati ketika kita mampu menanggapi cinta Allah. Jika kita hidup dalam kasih, kita tidak perlu cemas tentang apa yang terjadi sesudah kematian. Hidup kita sesudah kematian akan ditentukan oleh hidup kita sekarang ini.

Leave a Reply