Senin 17 Juni 2019, KASIH MENGUBAH HIDUP

BACAAN

2Kor 6:1-10 – “”Dalam segala hal kami menunjukkan bahwa kami ini pelayan Allah”
Mat 5:38-42 – “Janganlah melawan orang yang berbuat jahat kepadamu”

 

RENUNGAN

  1. Firman Tuhan hari ini benar-benar berlawanan dengan budaya masyarakat kita yang gampang marah, suka kekerasan dan balas dendam. Mereka, atau kita, merasa puas bila sudah marah-marah dan membalas dendam. Dengan semakin majunya zaman, budaya kekerasan ini tidak semakin berkurang tetapi semakin berkembang menjadi budaya kematian. Kekerasan sudah menjadi lingkaran setan; kekerasan dibalas dengan kekerasan. Kekerasan tidak mungkin mampu mengatasi kekerasan. Dengan kata lain, balas dendam tidak mungkin akan membawa damai.
  2. Yesus menggantikan Hukum Lama dengan Hukum Baru, dengan tujuan agar hukum balas dendam diganti dengan hukum kasih. “Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu” (Mat 5:39). Paulus minta kepada jemaatnya di Roma: “Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang” (Rom 12:17). “Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan” (Rom 12:21).
  3. Sabda hari ini merupakan sebuah pengajaran bahwa sesungguhnya tindakan kasih itu memiliki daya untuk mengubah dan menghidupkan. Mengasihi musuh atau mengasihi orang yang merugikan kita merupakan hal yang tidak mudah, bahkan rumit. Namun, cara pandang seorang beriman harus berbeda dengan orang-orang lainnya. Seorang beriman memiliki keyakinan bahwa cinta kasih mampu mengubah dan memperbarui keadaan. (MS)