Sabtu 15 Juni 2019, YES OR NO

BACAAN

2Kor 5:14-21 – “Dia yang tidak mengenal dosa, telah dibuatnya menjadi dosa bagi kita”
Mat 5:33-37 – “Aku berkata kepadamu, jangan sekali-sekali bersumpah”

 

RENUNGAN

  1. Dalam masyarakat kita ada sumpah jabatan. Seseorang bersumpah di hadapan orang lain yang lebih besar daripada dirinya dan yang bisa menghukum bila ia tidak bisa memenuhi apa yang ia ucapkan. Apakah orang yang bersumpah tersebut mampu konsisten dan konsekuen dengan sumpahnya?
  2. Hidup sebagai manusia yang jujur dan terbuka merupakan suatu yang perlu selalu diupayakan, namun hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Bahkan, kalau kita jujur, kita pernah menjadi bagian dari sesuatu yang sifatnya palsu dan tidak jujur. Hidup yang terdesak dan rumit kerap memaksa kita untuk menghalalkan segala cara, bahkan yang palsu dan tidak jujur sekali pun. Kita mudah berpindah dari satu kepalsuan menuju kepalsuan berikutnya. Kita mengorbankan kebenaran untuk mendapatkan apa yang kita dambakan, mengabaikan kejujuran demi memenangkan keinginan dan ambisi pribadi.
  3. Kita kerap menyembunyikan kepalsuan dengan membawa nama Allah dan bersumpah atas-Nya. Karena itu, Yesus menghendaki para pengikut-Nya untuk tidak bersumpah. Ia sangat menekankan pentingnya nilai kejujuran. “Jika ya hendaklah kamu katakan ‘ya’, jika tidak hendaklah kamu katakan ‘tidak’. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat.”
  4. Penegasan Yesus ini mestinya membuat kita bercermin diri. Sebagai pengikut Kristus, kita seharusnya memiliki hati yang murni, jauh dari keinginan untuk memperjuangkan sesuatu yang semu dan palsu. (MS)