Sabtu, 15 Sept 2018, PW S.P. Maria Berdukacita MENEMPATKAN MARIA DALAM RUMAH KITA

BACAAN

1Kor 15:1-11 – “Begitulah kami mengajar, dan begitu pulalah kamu mengimani”
Yoh 19:25-27 – “Inilah anakmu! Inilah ibumu!”

 

RENUNGAN

  1. Hari ini pesta St. Perawan Maria berduka cita. Ketika malaikat Gabriel memberi kabar kepada Maria, ia tidak mengatakan tentang kedukaan, melainkan hanya tentang janji-janji penyelamatan. Tetapi segera setelah kelahiran Yesus, Simeon mengatakan: “… dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri – supaya pikiran banyak orang dinyatakan” (Luk 2:35). Menggenapi panggilannya, Maria menyertai Puteranya dalam perjalanan menuju Golgota dan berdiri di bawah salib-Nya dengan kepedihan dan duka.
  2. Kata-kata Yesus kepada ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya merupakan kesaksian dan keinginan-Nya yang terakhir. Ia mewariskan apa yang Ia pandang paling berharga kepada orang-orang yang Ia kasihi. Kepada Maria, Ia memberikan sahabat yang sangat Ia kasihi yang akan membutuhkan bantuan Maria saat menghadapi kesulitan. Kepada Yohanes, Yesus memberikan ibu-Nya, murid terbaik. Yesus tahu bahwa ibu-Nya membutuhkan Yohanes, untuk menghibur dan menyertainya.
  3. Yohanes membawa Maria ke dalam rumahnya. Rumah, tidak lain adalah Gereja yang didirikan oleh Yesus. Sebagai ibu Yesus, Maria mendapat tempat terhormat. Maria juga menjalankan perannya dengan sungguh-sungguh dalam Gereja-Nya. Home, sweet home. (MS)

Leave a Reply