Kamis, 13 Sept 2018, PW St. Yoh Krisostomus, SEBUAH CITA-CITA YANG SANGAT TINGGI

BACAAN

1Kor 8:1b-7.11-13 – “Bila engkau melukai hati mereka yang lemah, engkau berdosa terhadap Kristus”
Luk 6:27-38 – “Hendaknya kamu murah hati sebagaimana Bapamu murah hati adanya”

 

RENUNGAN

  1. Khotbah di Bukit merupakan ajaran yang revolusioner. Tak pernah terjadi sebelumnya, ideal cinta kasih ditempatkan sedemikian tinggi. Untuk pelaksanaannya pun diperlukan sikap heroic. Apa yang dituntut Yesus benar-benar membuat kia sering gusar, karena berlawanan dengan pandangan pada umumnya. Enak didengar, tetapi tidak mudah dilaksanakan. Namun dalam Tuhan kita akan mampu melaksanakannya.
  2. Yesus juga memberikan Peraturan Emas: perbuatlah kepada orang lain sebagaimana engkau menghendaki orang lain perbuat bagimu. Hal ini juga tidak mudah, karena kita suka menuntut orang lain mengikuti kemauan kita, suka egois, sombong dan arogan. Apa yang bisa membebaskan kita dari kedangkalan dan kepicikan ini?
  3. Rencana Tuhan untuk kita sungguh mengagumkan. Tuhan mengatakan kepada kita untuk menjadi sempurna, tidak menurut ukuran manusia, tetapi menurut ukuran Allah sendiri; Panggilan kita adalah menjadi serupa dengan Allah. Yang harus kita buat adalah bekerjasama dengan Allah sendiri, mencari Dia lewat doa dan selalu mencari kehendak-Nya dalam hidup kita tiap hari. MS,

Leave a Reply