Sabtu, 8-9-18, Pesta Kelahiran SP Maria MAHAKARYA TUHAN: MENCIPTAKAN MARIA DIKANDUNG TANPA NODA DOSA

BACAAN

Mika 5:1-4a – “Tibalah saatnya perempuan yang mengandung itu melahirkan”
Mat 1:1-16.18-23 – “Anak yang ada di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus”

 

RENUNGAN

  1. Injil hari ini bercerita tentang misteri agung Inkarnasi. Mengapa Tuhan memilih menjadi salah satu dari kita? Dalam garis silsilah, kita jumpai orang yang baik dan jahat, orang beriman dan kafir, orang yang berguna dan tidak berguna. Mengapa Tuhan memilih yang cacat, bermutu rendah, dan diri-Nya berasal dari orang-orang seperti itu? Tuhan ingin selalu beserta kita.
  2. Anna, isteri Yoakim, mandul sampai umur tuanya. Karena tidak memiliki keturunan, maka Yoakim dihina oleh orang-orang di sekitarnya. Karena hatinya terluka sangat dalam, ia pergi menggembalakan domba-domba di padang belantara dan tidak kembali kepada isterinya dalam jangka yang lama. Pada suatu hari, ia menerima penampakan dari malaikat yang mengatakan bahwa ia akan mempunyai keturunan. Maka kembalilah ia kepada isterinya di Betsaida. Ada harapan baru. Dari kata-kata malaikat, maka lahirlah Maria, yang lahir tanpa noda dosa. Tuhan mengambil yang tidak berguna dan menciptakannya Maria dikandung tanpa noda dosa. Tuhan telah meninggikan yang rendah.
  3. Tuhan mempunyai rencana untuk Maria: Ia minta kepadanya untuk mengandung Anak-Nya. Tuhan selalu membawa yang baik dan indah dan semua itu demi keselamatan semua orang. Dengan itu Tuhan merasuk ke dalam silsilah manusia yang tidak sempurna, dan Tuhan beserta kita. Tetapi karena keras hati, kita tidak mampu lagi merasakan dan mengalami penyertaan Tuhan. (MS)