BERANI MELEPASKAN GENGGAMAN

BACAAN

Yeh 24:15-24 – “Kamu akan hancur lebur dalam hukumanmu, dan kamu akan mengeluh seorang kepada yang lain”
Mat 19:16-22 – “Jika engkau hendak sempurna, juallah segala milikmu dan berikanlah kepada orang-orang miskin”

 

RENUNGAN

  1. Sekarang ini tak ada barang yang bisa diperoleh secara cuma-cuma (lagi), kehidupan rohani cepat dilupakan, apa saja bisa dibeli dengan uang. Anak muda yang kaya raya itu menginginkan pencapaian yang paling tinggi, yaitu kehidupan kekal, dan memperolehnya dengan mudah. Tapi ia tidak menyangka, Yesus menghendaki bahwa ia harus menjual harta kekayaannya. Ia pergi dengan sedih karena banyak kekayaannya.
  2. Cinta kepada Tuhan bersaing dengan cinta kepada hal-hal duniawi. Dan cinta kepada Tuhan kerap kalah. Ada juga orang yang menginginkan keduanya: Tuhan dan hal-hal duniawi. Namun kita tidak mungkin memiliki keduanya, kita harus memilih: Tuhan atau hal-hal duniawi.
  3. Apa konsekuensinya bila kita memilih hal-hal dunia? Tuhan akan terusir dari hidup kita, kita menjadi sombong, arogan, dan terlalu percaya diri karena tidak memerlukan Tuhan dan orang lain. Memilih Tuhan berarti menempatkan Tuhan di atas segalanya. Segala sesuatu kita arahkan hanya kepada Tuhan. Harta duniawi tidak kita abaikan karena menjadi sarana untuk memuliakan-Nya, kita mampu mengasihi Tuhan dan sesama.
  4. Lepaskanlah segala sesuatu yang menghalangi Anda untuk sampai kepada kehidupan kekal! Berani = hebat.

 

MS, 20.8.18