YESUS: MESIAS, ANAK ALLAH

BACAAN

Yer 31:31-34 – “Aku akan mengikat perjanjin baru, dan takkan lagi mengingat dosa mereka”
Mat 16:13-23 – “Engkaulah Petrus, kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Surga”

 

RENUNGAN

  1. Biasanya kita memperoleh pengetahuan melalui pengalaman. Orang-orang dalam Injil hari ini mengidentifikasi Yesus dengan para nabi dan tua-tua Perjanjian Lama. Mereka sebanding dengan Yesus, tetapi tidak mengungkapkan misteri Yesus sepenuhnya. Sudah memuaskankah pengetahuan kita tentang Yesus?
  2. Mereka hanyalah bayangan. Yesus menyerupai para nabi dan tua-tua dalam Perjanjian Lama. Ia menyerupai mereka, tetapi juga melampaui mereka. Dan mereka ini tidak mengurangi sedikit pun dimensi pribadi Yesus. Mereka adalah sinar, dan Yesus matahari. Inilah pengakuan Petrus: “Engkaulah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Para murid tahu dengan iman bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah. Ia adalah Tuhan kita, Pencipta, dan Penyelamat. Kita dapat bersandar pada-Nya dan menemukan kekuatan, harapan dan sukacita. “Yesus, Engkaulah andalanku.”
  3. Para murid mengalami bahwa Yesus melebihi semua nabi dan tua-tua dalam Perjanjian Lama. Keutamaan, kebaikan, dan kuasa-Nya makin dirasakan oleh para murid. Bapa di surga memancarkan sinar-Nya atas Dia dan para murid percaya. Kristus mengatakan kepada kita bahwa Ia adalah terang dunia. Ia adalah Jalan, Kebenaran, dan Kehidupan. Apakah imanku akan Yesus semakin mendalam?

 

MS, 9.8.18