DALAM YESUS TIDAK ADA JALAN BUNTU

BACAAN

2Raj 4:42-44 – “Orang akan makan, dan bahkan akan ada sisanya”
Ef 4:1-6 – “Satu tubuh, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan”
Yoh 6:1-15 – “Yesus membagi-bagikan roti kepada orang banyak, sebanyak yang mereka kehendaki”

 

BACAAN

  1. Dalam bacaan Injil hari ini, Yesus bertindak seperti yang dibuat oleh Musa di padang gurun ketika orang-orang Israel kelaparan. Karena itu Yesus disebut Musa Baru.
  2. Melihat orang banyak lapar, Yesus menantang para murid-Nya untuk bertindak. Philipus sadar akan masalah yang ada di depannya namun tidak mampu memecahkan masalah kelaparan tersebut. Ia hanya mengeluh, tetapi tidak bertindak. Bukankah kita seringkali seperti Philipus ini?
  3. Andreas berani memberikan lima roti dan dua ikan kepada Yesus. “Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.” Setelah mereka makan sampai kenyang, sisa yang terkumpul sebanyak duabelas bakul.
  4. Mukjizat penggandaan roti ini telah membuka mata dan hati banyak orang tentang siapakah Yesus. Ia memiliki kuasa yang tak terbatas. Maka bagi orang percaya, tidak ada yang namanya jalan buntu, tidak ada putus harapan, selalu ada jalan, selalu ada harapan, walau seberat apa pun yang sedang kita hadapi.

 

MaxSri, 29.7.18