DOMBA MENDAMBAKAN GEMBALA

BACAAN

Yer 23:1-6 – “Aku akan mengumpulkan sisa-sisa kambing domba-Ku, dan Aku akan mengangkat gembala-gembala atas mereka”
Ef 2:13-18 – “Dialah damai sejahtera kita yang telah mempersatukan kedua pihak”
Mrk 6:30-34 – “Mereka seperti domba tanpa gembala.”

 

RENUNGAN

  1. Melihat kerumunan banyak orang, Yesus sedih dan kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba tanpa gembala: terlantar, mudah tersesat, lapar dan dalam bahaya. Mulailah Yesus mengajarkan banyak hal kepada mereka. Kepada mereka Yesus mengajarkan untuk saling mengasihi dengan sepenuh hati.
  2. Banyak sebab mengapa mereka seperti domba tanpa gembala: karena masalah ekonomi, penyakit, kegagalan yang bertubi-tubi, dan krisis iman. Sebenarnya kebutuhan utama mereka adalah makanan rohani. Dan ini tidak terpenuhi, sehingga menyebabkan segala macam krisis.
  3. Banyak umat Katolik, termasuk para pastor paroki, terlalu egois dan memiliki kesadaran rendah terhadap kebutuhan orang lain, terutama kebutuhan rohani orang beriman. Banyak umat Katolik, ketika sedang mengalami kesulitan karena suatu masalah, merasa sendirian dan ditinggalkan. Banyak umat tersesat dan tidak kembali lagi ke kandang. Salah siapa?
  4. Tuhan Yesus meminta agar kita memiliki hati terhadap domba-domba yang tanpa gembala dan ringan tangan menolong agar mereka tidak tersesat dan tidak hilang.
  5. Jangan-jangan domba tanpa gembala itu adalah Anda yang saat ini sedang mengalami krisis kehidupan, bahkan krisis iman dan rindu untuk ketemu Yesus namun tak ada satu pun gembala yang datang menolong?

 

MaxS, 22.7.18