ALLAH ATAU MAMON?

BACAAN

2Taw 24:17-25 – “Kamu telah membunuh Zakharia antara bait Allah mezbah”
Mat 6:24-34 – “Janganlah kuatir akan hidupmu”

 

RENUNGAN

  1. ”Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada mamon.” Masing-masing orang dapat membuat pilihannya sendiri: mengutamakan Allah atau mengutamakan mamon? Pilihan kita akan menentukan cara kita memahami dan menyikapi Penyelenggaraan Allah.
  2. Yesus mengkritik kita karena terlalu cemas tentang makanan dan minuman. Bagaimana tidak cemas kalau kita tidak punya makanan? Siapa yang akan ngasih? Bagaimana tidak cemas kalau kita tidak punya uang untuk berobat? Siapa yang akan ngasih? Yesus meminta kita untuk melihat burung-burung di udara dan bunga bakung di taman. Yesus mengkritik kita, karena kita terlalu cemas dengan segala kebutuhan hidup, yang memang perlu, tetapi kita tidak berpikir bahwa kita ini milik Allah, kita tidak berpikir untuk membangun persaudaraan yang akan mengatasi kekurangan makanan, dan kita tidak berpikir serius untuk membangun kehidupan rohani.
  3. ”Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya.” Yesus mengingatkan tentang prioritas pilihan kita, yaitu memiliki relasi dengan Allah secara berkualitas dan menciptakan kehidupan baru secara bersama demi kehidupan yang saling memperhatikan, sehingga banyak kebutuhan bisa diusahakan bersama-sama. Hal ini mengandaikan kesungguhan hati, berpikir bagi kemajuan hidup bersama, dan tidak egois. Mampukah Gereja bisa mewujudkannya?

 

Msri. 23.6.18