HARI RAYA TUBUH DAN DARAH KRISTUS: TUBUH DAN DARAH KRISTUS SUMBER KESELAMATAN KITA, EKARISTI PUNCAK IMAN KITA

BACAAN

Kel 24:3-8 – “Inilah darah perjanjian yang diikat Allah dengan kamu”
Ibr 9:11-15 – “Darah Kristus akan menyucikan hati nurani kita”
Mrk 14:12-16.22-26 – “Ambillah, inilah tubuh-Ku!” “Inilah darah-Ku, darah perjanjian yang ditumpahkan bagi banyak orang”

 

RENUNGAN

  1. Maksud Injil hari ini ialah menyingkapkan makna kematian Yesus dan menunjukkan bagaimana orang mendapat bagian dalam kehidupan dan persekutuan dengan Yesus dalam kematian-Nya;
  2. Tuhan bersabda: “Inilah tubuh-Ku.” Tubuh menyangkut keseluruhan diri manusia yang fana, termasuk Yesus yang akan mati dibunuh. Dengan kematian-Nya, Ia membawa kehidupan bagi manusia.
  3. “Inilah darah-Ku.” Darah adalah kehidupan. Bayangkan kalau kita kehabisan darah, pasti akan mati. Darah yang ditumpahkan sama dengan nyawa yang diserahkan dalam kematian. Yesus menumpahkan darah-Nya di kayu salib, berarti mencurahkan kehidupan bagi orang yang percaya kepada-Nya. Darah yang dicurahkan di kayu salib untuk menebus dan memulihkan hubungan manusia dengan Allah; dengan tindakan-Nya tersebut, Yesus menjadi Juru Selamat.
  4. Jadi kematian Yesus bukanlah tindakan konyol nan sia-sia, melainkan tindakan cinta kasih yang luar biasa demi keselamatan kita.
  5. Setiap kali kita mengikuti perayaan Ekaristi, Yesus memberi kepada kita persekutuan dengan Diri-Nya. Dan dengan minum darah-Nya, kita ambil bagian dalam diri Yesus yang telah menyerahkan hidup-Nya bagi kita.
  6. Apa balasan kita terhadap kasih Tuhan yang demikian besar? Tuhan telah menyerahkan hidup-Nya bagi keselamatan kita, maka sudah sepantasnya kita harus berani menyerahkan hidup kita bagi Tuhan dalam diri orang lain. Untuk itu kita menimba kekuatan dari Ekaristi. Maka mulailah mengikuti Ekaristi dengan sungguh-sungguh; seluruh jiwa raga kita pusatkan dalam perayaan Ekaristi dari awal sampai akhir.

 

mSRI, 3.6.18