PERCAYA

BACAAN

Kis 6:8-15 – “Mereka tidak sangggup melawan hikmat Stefanus dan Roh yang mendorong dia berbicara”
Yoh 6:22-29 – “Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal”

 

RENUNGAN

  1. Injil hari ini merupakan bagian dari khotbah panjang tentang Yesus sebagai Roti Kehidupan. Mukjijat penggandaan roti mengingatkan mukjijat roti manna di padang gurun.
  2. Orang-orang mencari Yesus hanya karena mereka menginginkan roti yang lebih banyak. Akhirnya mereka menemukan Yesus dan murid-murid-Nya di sekitar Kaparnaum, markas utama Yesus di Galilea. Mereka berkata: “Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?” Pertanyaan yang tidak bermakna.
  3. Mereka mencari Yesus bukan karena tanda, tetapi karena roti yang telah mereka makan. Mereka tidak mampu melihat dan memaknai penggandaan roti sebagai tanda kehadiran Allah dalam diri Yesus. Mereka hanya berhenti pada makanan; mereka hanya sampai pada permukaan ketika berhadapan dengan tanda yang dibuat Yesus.
  4. Maka Yesus menawarkan makanan yang tak pernah akan binasa: “Bekerjalah, … untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, … “ Mereka belum mengerti apa yang dimaksud, maka mereka bertanya: “Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?” Yesus menjawab: “Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.”
  5. Percaya di sini bukan hanya mengakui Yesus sebagai Anak Allah, tetapi terlibat secara total dan tanpa sarat kepada Yesus, kepada Injil-Nya, dan visi hidup Yesus dan menjadikannya bagian dari hidupnya sendiri. Dari sinilah Roti Hidup akan ditemukan.
  6. Apa yang Anda cari?

 

Senin, 16.4.18 – MS

Leave a Reply