LAHIR KEMBALI DAN HIDUP UNTUK ALLAH

BACAAN

Kis 4:23-31 – “Ketika para rasul berdoa, mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani”
Yoh 3:1-8 – “Jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah”

 

RENUNGAN

  1. Siapa Nikodemus? Ia seorang Parisi tulen, salah satu pemimpin bangsa Yahudi, salah satu hakim pengadilan tertinggi yang disebut Sanhedrin. Namun demikian, ia tidak mampu memahami apa yang dikatakan dan dibuat oleh Yesus, karena ia berpegang pada Kitab Hukum. Oleh karena itu, Yesus menyadarkan bahwa ia harus lahir kembali, artinya meninggalkan cara pandang sendiri yang berpegang teguh pada Kitab Hukum dan mengikuti jalan Yesus.
  2. Bila Nikodemus hanya bertahan pada pendapatnya sendiri, ia tidak pernah akan bisa memahami Yesus. Ia harus lahir kembali dengan membuka tangan, mata, dan hati terhadap Yesus.
  3. Maria Magdalena dan Paulus adalah contoh orang-orang yang telah lahir kembali. Jika sebelumnya mereka hidup menurut pandangan mereka dan bagi diri mereka sendiri, mereka berbalik dan menjadikan Yesus Kristus sebagai dasar hidup mereka. Mereka memberikan seluruh hidup dan bahkan nyawa mereka bagi Tuhan dan Gereja-Nya.
  4. Jadi untuk mampu melihat dan memiliki Kerajaan Allah, kita perlu berubah secara radikal dengan mengikuti cara pandang dan pikiran Yesus. Mengapa? Karena pandangan dan pikiran kita sering tidak sejalan dengan pandangan dan pikiran Yesus. Karena itu, kita perlu lahir kembali dan menjadi orang-orang-nya Yesus.
  5. Maka bila saat ini kita sedang mengalami proses hidup yang kurang berkenan di hati, marilah kita berusaha mengubahnya. Kita lahir kembali dan hidup untuk Allah dan kita mengalami damai sejahtera dan selamat.

 

Senin, 9.4.18 – MS

Leave a Reply