BERITAKANLAH INJIL KEPADA SEGALA MAKHLUK

BACAAN

Kis 4:13-21 – “Tidak mungkin bagi kami untuk tidak berkata-kata tentang apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar”
Mrk 16:9-15 – “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk”

 

RENUNGAN

  1. Dalam Injil hari ini, Yesus menampakkan diri sebanyak tiga kali. Pertama kepada Maria Magdalena. Ia yang pernah dibebaskan dari tujuh dosa. Namun ketika Maria Magdalena memberitahukan kepada murid-murid lain yang selalu mengiringi Yesus, bahwa Yesus hidup dan ia meliha-tNya, mereka tidak percaya. Hal ini menunjukkan realitas umat Kristen awal, bahwa mereka mempunyai kesukaran untuk percaya kepada kesaksian para wanita.
  2. Penampakan kedua kepada dua murid yang menuju ke luar kota. Mereka bergegas segera kembali ke Yerusalem untuk memberitahukannya kepada teman-teman yang lain. Tetapi mereka pun tidak percaya kepada kesaksian dua temannya itu.
  3. Penampakan ketiga kepada sebelas murid yang sedang makan. Yesus mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka. Keraguan, kurangnya iman merupakan bagian dari iman itu sendiri. Tetapi musuh iman yang utama adalah rasa takut. Kita sering ragu dan banyak kali diam ketika kita harus bersaksi, namun demikian kita selalu ingin kembali kepada Tuhan.
  4. Injil diakhiri dengan pengutusan: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.” Yesus menggunakan para murid, dan juga kita, yang sering jatuh ke dalam dosa untuk menjadi utusan Kabar Baik untuk menyatakan bahwa Allah mengasihi setiap orang.
  5. Kita tidak perlu pergi melintasi pulau-pulau untuk memberitakan Injil. Yesus menghendaki kita mewartakan Injil lewat kesaksian hidup kita, mengasihi dan mengampuni orang lain, memperhatikan orang-orang miskin dan orang-orang yang meninggalkan Yesus. Sudahkah Anda melakukan?

 

Sabtu, 7.4.18 – MS