HARI RAYA PASKAH KEBANGKITAN TUHAN

BACAAN

Kis 10:34a.37-43 – “Kami telah makan dan minum bersama dengan Yesus setelah Ia bangkit dari antara orang mati”
Kol 3:1-4 – “Carilah perkara yang di atas, di mana Kristus berada”
Yoh 20:1-9 – “Ia harus bangkit dari antara orang mati”

 

RENUNGAN

  1. Di kubur, Maria Magdalena melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Ia tidak berpikir bahwa Yesus bangkit. Yang ia tahu “Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan.” Para murid, baik laki-laki maupun perempuan, tidak kepikiran dan tidak ada pengharapan bahwa Yesus akan bangkit dari mati. Petrus dan Yohanes hanya tahu bahwa kain kafan sudah terletak di tanah dan kain peluh sudah tergulung. Namun dari sinilah timbul kesadaran mereka tentang Yesus yang bangkit, walau pun masih sangat samar-samar.
  2. Bagaimana pun, Maria Magdalena adalah saksi pertama yang menyampaikan bahwa Yesus bangkit. Kesaksian Maria Magdalena ini telah membawa sebuah perubahan besar dalam sejarah manusia.
  3. Realitas kubur kosong, bagi orang beriman, diyakini sebagai tanda kebangkitan Tuhan; tanda kehidupan baru. Kubur kosong merupakan pesan bahwa kehidupan di dunia ini yang berakhir dengan kamatian, bukanlah merupakan akhir, tetapi awal kehidupan baru. Hal ini membuktikan bahwa cinta Tuhan jauh lebih kuat daripada kekuatan manusia, kekerasan atau kekejaman. Cinta mengalahkan segalanya.
  4. Dapat dikatakan bahwa kebangkitan merupakan ledakan cinta Tuhan, yang menandai masa depan yang baru, dunia baru yang dimulai dari Kristus yang terus menerus meresapi kehidupan kita. Kebangkitan menyatukan kita dengan Tuhan dan dengan orang lain. Jika hidup kita berada dalam spirit kebangkitan ini, maka kita mampu mengubah dunia.
  5. Kita memaklumkan Kristus yang bangkit ketika terang-Nya menyinari kegelapan hidup kita, ketika kita mampu membagikan sukacita kepada orang lain, ketika kita tersenyum dengan mereka yang tersenyum dan menangis bersama mereka yang menangis, ketika kita mendampingi mereka yang sedang berduka dan kehilangan harapan, ketika kita menceriterakan pengalaman iman kita kepada mereka yang mencari kebahagiaan. Pertanyaannya: sudahkah Anda mengalami kebangkitan Tuhan?

 

Minggu, 1.4.18 – MS