KESAKSIAN-KESAKSIAN TENTANG YESUS AGAR KITA PERCAYA

BACAAN

Kel 32:7-14 – “Allah menyesali malapetaka yang dirancang-Nya atas umat-Mu”
Yoh 5:31-47 – “Bapa yang mengutus Aku. Dialah yang bersaksi tentang Aku!”

 

RENUNGAN

  1. Injil hari ini bicara tentang kesaksian Yohanes Pembaptis dan kesaksian Bapa tentang Yesus serta ditolaknya Yesus dan ketidak-percayaan para pemimpin Yahudi terhadap-Nya.
  2. Yesus tidak pernah bersaksi tentang diri-Nya, karena Dia tidak pernah mempromosikan diri atau mengagungkan diri. Ada kesaksian-kesaksian tentang Yesus, yang seharusnya membuat seseorang percaya kepada-Nya. Yohanes Pembaptis menghantar Yesus kepada orang-orang Israel sebagai Pribadi yang diutus Allah dan yang harus datang ke dunia, namun mereka tidak percaya kepada Yesus.
  3. Kesaksian kedua adalah pekerjaan-pekerjaan yang Bapa kerjakan melalui Yesus. Dengan pengajaran dan mukjijat yang dibuat Yesus, tetap saja mereka tidak mau percaya kepada-Nya.
  4. Kesaksian ketiga diberikan oleh Kitab Suci. Kitab Suci Perjanjian Lama berbicara tentang Yesus dan Yesus adalah pemenuhan Kitab Suci. Orang-orang Yahudi percaya kepada Kitab Suci, tetapi kenyataannya, mereka tidak mengerti dan tidak memahami Kitab Suci tersebut. Kalau mereka percaya kepada Kitab Suci sudah seharusnya mereka percaya kepada Yesus. Yang terjadi malah sebaliknya: mereka menghukum Yesus.
  5. Kesaksian keempat datang dari Bapa: “Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku.” Tetapi karena mereka tidak percaya kepada Yesus, sebagai utusan Bapa, maka mereka tidak mampu mengenal Bapa.
  6. Ringkasan Injil hari ini: Kesaksian-kesaksian tentang Yesus membuktikan kesatuan Yesus dengan Bapa dan meneguhkan pernyataan-Nya bahwa Ia adalah Anak Allah, Sang Pemberi kehidupan dan Hakim atas semua orang.
  7. Yang paling penting bagi kita: tidak cukup kita belajar dan mengerti Kitab Suci. Yang jauh lebih penting adalah bagaimana kita mengalami Allah melalui pendalaman Firman, doa, perayaan liturgi, kebersamaan dalam Gereja dan masyarakat. Mengalami Allah harus menjadi pengalaman kita setiap hari.

 

Kamis, 15.3.18 – MS