PESTA TAKHTA St. PERUS, RASUL. SIAPA YESUS BAGIKU?

BACAAN

1Petr 5:1-4 – “Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu”
Mat 16:13-19 – “Engkau adalah Petrus, dan di atas batu karang ini akan Kudirikan jemaat-Ku”

 

RENUNGAN

  1. Dalam Injil, Yesus menanyakan pendapat orang-orang tentang diri-Nya. Bermacam jawaban muncul. Ada yang mengatakan Yohanes Pembaptis, Elia, Yeremia, atau salah satu dari para nabi. Secara khusus, Yesus menanyakan hal yang sama kepada Petrus. Ia mewakili para murid, menjawab: “Engkau adalah Kristus, Anak Allah yang hidup.”
  2. Dengan jawaban tersebut, Yesus menanggapi: “Berbahagialah engkau Simon!” Petrus sebagai orang yang berbahagia, karena ia diberi pewahyuan oleh Bapa. Pengakuan Petrus tersebut bukan berasal dari pikiran manusia, bukan karena hasil studi atau riset, tetapi anugerah bahwa Allah memberi kepada siapa Ia berkenan.
  3. Petrus sebagai batu karang dan menerima kunci-kunci Kerajaan Surga. Berarti Petrus adalah dasar yang kokoh kuat bagi Gereja yang dapat melawan pintu-pintu neraka. Peneguhan Petrus sebagai batu karang, penginjil Matius bermaksud menyemangati komunitas-komunitas Kristen di Siria dan Palestina yang tengah mengalami penganiayaan. Dengan demikian mereka mendapat kekuatan dari Sabda Yesus dan Petrus sebagai pemimpin Gereja, sehingga identitas dan spiritualitas mereka tumbuh dengan baik.
  4. Yesus selalu bertanya: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Apa jawaban Anda? Jawaban atas pertanyaan Yesus tersebut menentukan kedalaman iman seseorang.

 

Jumat, 22.2.2018 – MS