MENEMUKAN KRISTUS DAN MEWARTAKANNYA

BACAAN

1Sam 3:3b-10.19 – “Bersabdalah, ya Tuhan, hamba-Mu mendengarkan”
1Kor 6:13c-15a.17-20 – “Tubuhmu adalah anggota Kristus”
Yoh 1:35-42 – “Mereka datang dan melihat Yesus tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia”

 

RENUNGAN

  1. Pada “keesokan harinya …” Yohanes Pembaptis bersama dua muridnya. Saat itulah Yesus lewat. Tiap hari Yesus lewat di hadapan kita. Yohanes berkata kepada murid-muridnya: “Lihatlah Anak Domba Allah!” Murid-murid itu pergi mengikuti Yesus. Ia menoleh ke belakang dan berkata kepada mereka: “Apakah yang kamu cari?”
  2. Kita telah menjadi murid Tuhan, maka tidak hanya menjawab pertanyaan: “Apakah yang kamu cari?” tetapi juga bertanya kepada Tuhan: “Apa yang Tuhan kehendaki dari kami?” Jawaban terhadap “Apakah yang kamu cari?” tergantung kedekatan kita dengan Tuhan. Sedangkan pertanyaan “Apa yang Tuhan kehendaki dari kami?” selalu menyadarkan bahwa hidup kita hanya mencari kehendak Tuhan dan melaksanakannya.
  3. Bagaimana dua murid Yohanes tersebut menjawab pertanyaan Yesus? Mereka berkata: “Rabi, di manakah Engkau tinggal?” Yesus tinggal bersama Allah, namun Dia juga tinggal di tengah-tengah kita. Kita bisa menemukan Dia di mana saja: Ketika kita berbagi dengan orang-orang miskin, ketika kita mengikuti perayaan Ekaristi, ketika kita membaca dan merenungkan firman Tuhan, ketika kita berdoa dalam keheningan.
  4. Dua murid tadi tinggal bersama Yesus. Kita tidak tahu pengalaman apa yang mereka peroleh. Tetapi bagi mereka, juga bagi kita, pengalaman tinggal bersama Yesus harus dibagikan kepada orang lain. Andreas mendatangi Simon, saudaranya, dan berkata: “Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus).” Ciri khas perjumpaan dengan Yesus adalah sukacita, dan sukacita itu dibagikan kepada orang lain.
  5. Di manakah aku menemukan Kristus paling nyata dan paling jelas?

 

MS – Minggu 14 Januari 2018

Leave a Reply