MENJADI SAKSI KRISTUS

BACAAN

1Yoh 2:22-28 – “Apa yang telah kamu dengar harus tetap tinggal di dalam dirimu”
Yoh 1:19-28 – “Sesudah aku akan datang Dia yang sudah ada sebelum aku”

 

RENUNGAN

  1. Injil hari ini berbicara tentang kesaksian Yohanes Pembaptis tentang Yesus, Sang Mesias. Ia adalah saksi pertama tentang Yesus. Khotbahnya menarik banyak orang, namun juga membuat kegaduhan sehingga hirarki Yahudi di Yerusalem memutuskan untuk menyelidiki Yohanes.
  2. Dalam penyelidikan tersebut, Yohanes mengatakan bahwa dirinya bukanlah Mesias yang telah lama ditunggu, bukan Elia dan bukanlah seorang Nabi seperti Musa. Karena harus memberi laporan ke Yerusalem, mereka terus menginterogasi Yohanes. Yohanes menjawab dengan mengutip kata-kata nabi Yesaya: “Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan!” (40:3).
  3. Orang-orang Parisi tidak puas dengan jawaban tersebut, maka mereka ingin tahu mengapa Yohanes membaptis, kalau dia bukan Mesias, bukan Elia atau Nabi? Yohanes mengatakan bahwa dia hanya membaptis dengan air, “tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal, yaitu Dia, yang datang kemudian dari padaku. Membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak.” Dengan kata-kata tersebut, menyiratkan bahwa seseorang yang benar-benar seorang Nabi sedang dalam perjalanan membawa baptisan yang jauh lebih besar daripada baptisannya. Yohanes hanya mempersiapkan jalan dengan baptisan yang menekankan pemurnian dan pertobatan. Baptisan baru yang diberikan oleh Yesus akan membawa kuasa Roh Allah.
  4. Ada banyak peran Yohanes Pembaptis. Ia mendahului Yesus dan mempersiapkan orang-orang untuk kedatangan-Nya. Kita juga dipanggil untuk mendahului Yesus agar orang lain mengenal Dia dan mengikuti-Nya. Kita bukanlah Cahaya tetapi kita dipanggil untuk memberikan kesaksian tentang Cahaya. Yesus berkata: “Akulah terang dunia” (Yoh 8:12), namun Ia juga berkata kepada murid-murid-Nya: “Kamu adalah terang dunia” (Mat 5:14). Apakah hidupku telah menjadi kesaksian tentang Yesus bagi orang lain?

 

MS – Selasa 2 Januari 2018