SABDA, Kamis, 28-12-2017 PESTA KANAK-KANAK YESUS

BACAAN

1Yoh 1:5-2:2 – “Darah Yesus Kristus menyucikan kita dari segala dosa”
Mat 2:13-18 – “Herodes menyuruh agar semua anak laki-laki di Betlehem dan sekitarnya dibunuh”

 

RENUNGAN

  1. Malaikat Tuhan menampakkan diri kepada Yusup dalam mimpi: “Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karen Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia.” Mimpi Yusup mengatakan kepada kita bahwa Tuhan selalu bersama kita. Yusup mengerti di mana ia harus berdiri; ia bediri di samping mereka yang berada dalam masalah. Dia menjaga dan melindungi mereka yang perlu diangkat.
  2. Natal tahun ini sama seperti Natal tahun-tahun sebelumnya: banyak orang melarikan diri dari tanah airnya karena horor, orang yang kuat mengancam yang lemah, dan kematian terus akan mengintai terhadap orang-orang yang tidak berdosa.
  3. Dalam kejahatan dunia seperti sekarang ini, Tuhan datang untuk memberi hidup, untuk menunjukkan jalan. Justru dalam kegelapan dan kejahatan dunia sekarang ini, merupakan kesempatan untuk memberitakan Injil. Maka seruan “jangan takut” harus menjiwai setiap murid Kristus. Apa yang mengalahkan kejahatan adalah kebenaran yang berasal dari Tuhan.
  4. Yesus yang lahir di tengah kebrutalan Herodes, mengetahui penderitaan kita, datang kepada orang-orang yang ketakutan, yang sakit dan yang lapar, memberi makan dan menyembuhkan, dan mengajarkan kuasa Allah yang penuh belas kasih.
  5. Kita adalah tangan-tangan Allah yang diutus untuk melanjutkan karya keselamatan Tuhan bagi mereka yang ditindas, diusir, miskin dan terlantar. Sanggupkah aku melanjutkan karya Tuhan ini?

 

(MS)