SABDA, Jumat 27-10-2017, MEMPERHATIKAN TANDA-TANDA JAMAN

BACAAN

Rom 7:18-25a – “Siapakah yang akan melepaskan daku dari tubuh maut ini?”
Luk 12:54-59 – “Hai orang-orang munafik, kamu tahu menilai gelagat bumi dan langit tetapi mengapa tidak dapat menilai zaman ini?”

 

RENUNGAN

  1. Setiap orang tahu membaca tanda-tanda bumi dan langit. Ia tahu kapan hujan akan datang, kapan musim kemarau akan tiba. Tetapi mengapa mereka tidak mampu membaca tanda-tanda yang ada di depan mata mereka, yaitu Yesus? Yesus memberikan tanda melalui pengajaran dan kuasa-Nya dengan menyembuhkan orang-orang sakit, memberi makan kepada mereka yang lapar, meredakan badai, dan mengusir roh-roh jahat dari seseorang. Dengan cara tersebut, Mesias, Anak Allah, hadir, namun mereka tidak mampu menangkap kehadiran Yesus tersebut. Hati dan pikiran mereka sudah dipenuhi dengan ideologi kaum Parisi dan para pejabat agama.
  2. Orang-orang pada jaman Yesus lebih suka tanda-tanda yang menakjubkan yang dibuat oleh para Mesias palsu. Mereka lebih tertarik pada tanda-tanda hebat dan fenomenal dari pada Sabda Allah yang disampaikan oleh Yesus. Simeon telah menubuatkan tentang bayi Yesus: “Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan” (Luk 2:34). Israel pun tidak menghiraukan. Orang-orang jaman sekarang pun mengabaikan.
  3. Yesus tidak akan memberi tanda lain, kecuali diri-Nya sendiri. Allah menyatakan diri-Nya kepada kita dengan banyak cara, antara lain melalui Sabda dan mukjijat, melalui sakramen-sakramen, khususnya Ekaristi. Cara-cara ini pun tidak menggetarkan hati orang. Mereka semakin menjauh dari Allah, bahkan semakin banyak yang meninggalkan dan membuang Allah. Bagaimana dengan Anda?

 

(MS)