SABDA, Minggu Biasa XXI, 27-8-2017, YESUS SEBAGAI WAY OF LIFE

BACAAN

Yes 22:19-23 – “Aku akan menaruh kunci rumah Daud di atas bahumu”
Rom 11:33-36 – “Segala sesuatu berasal dari Allah, ada karena Allah, dan menuju kepada Allah”
Mt 16:13-20 – “Engkaulah Petrus, kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Surga”

 

RENUNGAN

  1. Ay 13-16 – Pendapat orang-orang dan para murid mengenai Yesus. Yesus menanyakan pendapat orang-orang mengenai diri-Nya. Bermacam-macam jawaban muncul. Ada yang mengatakan Yohanes Pembaptis, Elia, Yeremia, atau salah satu dari nabi-nabi. Ketika Yesus menanyakan pendapat para murid-Nya, Petrus, sebagai juru bicara, menjawab: “Engkau adalah Kristus, Anak Allah yang hidup.” Jawaban tersebut bukan hal yang baru, karena sebelumnya para murid berkata yang sama (Mt 14:33). Dalam Injijl Yohanes, pengakuan iman yang sama disampaikan oleh Martha (Yoh 11:27). Hal ini menunjukkan bahwa nubuat-nubuat Perjanjian Lama terpenuhi dalam diri Yesus.
  2. Ay 17 – Tanggapan Yesus terhadap Petrus: “Berbahagialah engkau, Simon!” Yesus menyatakan Petrus “Bahagia”, karena ia telah menerima pewahyuan dari Bapa. Di sini, juga, tanggapan Yesus bukanlah hal baru. Sebelumnya, Yesus memuji Bapa karena Ia telah menyatakan Anak kepada orang-orang kecil dan tidak kepada orang-orang bijak (Mt 11:25-27). Para murid mengalami sukacita karena melihat dan mendengar hal-hal baru, yang sebelumnya tak seorang pun tahu atau mendengar (Mt 13:16).
  3. Ay 18-20 – Petrus: menjadi batu karang dan menerima kunci-kunci Kerajaan Surga. Batu Karang: dasar yang kokoh kuat bagi Gereja yang dapat melawan pintu-pintu neraka. Dengan kata-kata Yesus ini, Matius menyemangati komunitas-komunitas di Siria dan Palestina yang tengah dianiaya. Di tengah penganiayaan itu, komunitas-komunitas mendapatkan kekuatan dari Sabda Yesus dan Petrus sebagai pemimpin Gereja.
  4. Siapa Yesus menurut Anda? Apakah Yesus benar-benar mengubah pola dan jalan hidup Anda?

 

(MS)