SABDA, Kamis, 13-7-2017, PERGILAH DAN BERITAKANLAH: KERAJAAN SURGA SUDAH DEKAT!

BACAAN

Kej 44:18-21.23-29; 45:1-5 – “Demi keselamatanmu, Allah mengutus aku ke Mesir”
Mat 10:7-15 – “Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Surga sudah dekat”

 

RENUNGAN

  1. Injil hari ini menghadirkan bagian kedua tentang pengutusan para murid. Yesus memberi instruksi konkret bagaimana melaksanakan tugas perutusan.
  2. Ay 7 – Tujuan perutusan: menghadirkan Kerajaan Allah. “Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Surga sudah dekat.” Tidak hanya dekat, tetapi, sebenarnya, Kerajaan Allah sudah berada di tengah-tengah kita. Masalahnya: apakah kita mau menerima atau tidak.
  3. Ay 8 – Tanda-tanda kehadiran Kerajaan Allah: menerima orang-orang yang tersingkirkan. Hadirnya Kerajaan Allah bukan dengan kata-kata dan khotbah yang indah, tetapi dengan tindakan nyata: menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, mentahirkan orang kusta, mengusir setan-setan. Hal ini berarti: menerima ke dalam komunitas mereka yang tersingkirkan dan menghidupkan kembali semangat solidaritas.
  4. Ay 9-10 – Jangan membawa sesuatu dalam perjalanan. Dalam perutusan, para murid hanya boleh percaya pada Penyelenggaraan Ilahi melalui kebaikan dan keramah-tamahan orang. Dengan membawa damai, para murid yakin akan diterima dan bisa terlibat dalam kehidupan mereka. Pesan yang ingin mereka sampaikan adalah hidup berbagi dan solider terhadap mereka yang disingkirkan karena berbagai alasan.
  5. Ay 11-13 – Berbagi damai di dalam komunitas. Para murid tidak harus pergi dari rumah ke rumah, tetapi pergi kepada rumah yang mau menerima damai. Di sanalah para murid mengumumkan: Kerajaan Allah telah datang. Hal ini tidak berarti bahwa mereka harus mengajarkan kebenaran dan dogma, tetapi membawa mereka kepada hidup baru dalam persaudaraan.
  6. Ay 14-15 – Yesus datang untuk menyelamatkan nilai-nilai hidup berkomunitas yang telah lama hilang dari kehidupan bangsa Israel: keramah-tamahan, berbagi, duduk bersama dalam satu meja, dan menerima orang-orang yang tersingkirkan. Maka Yesus berusaha menggali dari ingatan mereka, menemukan kembali kebijaksanaan, membangun kembali komunitas, membarui kembali Perjanjian, dan merekonstruksi kehidupan. Namun orang-orang Israel tidak mau mendengar dan menerima-Nya, maka Yesus berkata: “Apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.”
  7. Pesan apa yang bisa Anda tarik dari Injil dan Renungan hari ini

 

(MS)