SABDA, Senin, 10-7-2017, YESUS ADALAH TUHAN ATAS KEHIDUPAN YANG MENGATASI KEMATIAN

BACAAN

Kej 28:10-22a – Yakub melihat sebuah tangga, melihat malaikat Allah turun naik, dan melihat Allah yang bersabda”
Mat 9:18-26 – “Anakku baru saja meninggal; tetapi datanglah, maka ia akan hidup”

 

RENUNGAN

  1. Ay 18-19 – Seorang kepala rumah ibadat datang kepada Yesus dan memberitahukan bahwa anak perempuannya meninggal: “Datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup.” Ia berkeyakinan bahwa Yesus memiliki kekuatan untuk membangkitkan anaknya yang telah meninggal. Keyakinan ini merupakan ungkapan imannya kepada Yesus.
  2. Ay 20-21 – Ketika mereka menuju rumah kepala rumah ibadat, ada seorang perempuan yang sudah 12 tahun sakit pendarahan datang mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jumbai jubah-Nya untuk disembuhkan. “Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh.” Perempuan itu dianggap najis dan diasingkan karena sakit pendarahan. Ia menyentuh jubah Yesus. Ia memiliki iman yang begitu besar kepada Yesus dan memiliki keberanian melawan hukum yang ditetapkan oleh orang-orang Parisi.
  3. Ay 22 – Yesus berkata kepada perempuan itu: “Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau.” Dengan kata-kata ini ada 3 hal pokok paling penting: a) Dengan mengatakan “anak-Ku”, Yesus menerima perempuan itu di dalam komunitas baru yang Ia bentuk. Ia tidak lagi diasingkan. b) Apa yang ia harapkan dan yakini terwujud: ia disembuhkan. c) Tanpa iman, Yesus tak mungkin melakukan mukjijat. Jadi penyembuhan merupakan perbuatan iman, bukan karena mantera-mantera.
  4. Ay 23-24 – Di rumah kepala rumah ibadat. Yesus minta kepada orang-orang yang berkabung keluar dari rumah itu dengan berkata: “Pergilah, karena anak ini tidak mati, tetapi tidur.” Orang-orang menertawakan-Nya, karena tahu bagaimana membedakan antara orang tidur dan orang mati.
  5. Ay 25-26 – Yesus tidak menaruh perhatian terhadap orang-orang yang menertawakan-Nya. Ia menunggu sampai semua orang keluar dari rumah. Yesus masuk dan memegang tangan anak itu, lalu bangkitlah anak itu. Maka tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah itu. Orang-orang percaya bahwa Yesus adalah Tuhan atas kehidupan yang mengatasi kematian.
  6. Bagaimana imanku terhadap Yesus?

 

(MS)