SABDA, Minggu, 25-6-2017, JANGAN TAKUT

BACAAN

Yer 20:10-13 – “Tuhan menyertai aku seperti pahlawan yang gagah”
Rom 5:12-15 – “Karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam”
Mat 10:26-33 – “Janganlah kamu takut”

 

RENUNGAN

  1. Ay 26-27 – “Janganlah kamu takut terhadap mereka!” Mengapa tidak perlu takut terhadap manusia yang dapat membunuh tubuh? Kita harus sadar bahwa pemilik hidup dan kehidupan kita adalah Allah, bukan kita sendiri apalagi orang lain, atau orang yang sedang berkuasa sekali pun. Dalam penghakiman terakhir, Allah akan membenarkan orang yang percaya kepada-Nya dan berurusan dengan para penganiaya.
  2. Ay 28 – “Takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.” Seseorang dapat memukul orang lain sampai mati, tetapi tidak berkuasa atas jiwa orang tersebut. Sesudah kematian orang itu, Allah masih tetap menjaga kehidupan jiwanya. Apa pun yang terjadi, Allah selalu bersama kita. Hal ini merupakan kepastian yang memberanikan kita terjun di tengah-tengah badai yang mematikan, karena Allah selalu memelihara kita, dan tak seorang pun bisa merebut kita dari tangan Allah. Maka kita hanya boleh takut kepada Allah saja.
  3. Ay 29-31 – “Janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.” Burung pipit seharga nilai uang yang paling kecil, tetapi diperhatikan oleh Allah. Di mana ada kehidupan, di sana ada Allah. Nilai seseorang tidak ditentukan oleh kebesaran dan kekuatannya, tetapi karena dia mempunyai jiwa. Jiwa tidak bisa dimatikan oleh siapa pun kecuali oleh Allah. Kemahakuasaan Allah berlaku bahkan pada bagian terkecil dari keberadaan kita: “rambut kepalamu pun terhitung semuanya.” Maka kita hanya takut kepada Allah.
  4. Ay 32-33 – “Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di surga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di surga.” Setiap orang yang mengakui Yesus berarti mengakui Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat. “Jika kita mati dengan Dia, kita pun akan hidup dengan Dia” (2Tim 2:11).
  5. Takutkah aku menjadi murid Yesus?

 

(MS)