SABDA, Minggu, 28-5-2017, TELAH TIBA SAATNYA

BACAAN

Kis 1:12-14 – “Dengan sehati mereka semua bertekun dalam doa”
1Ptr 4:13-16 – “Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus”
Yoh 17:1-11a – “Bapa, permuliakanlah Anak-Mu”

 

RENUNGAN

  1. Injil hari ini sampai 2 hari ke depan, dalam kata-kata perpisahan dengan para murid-Nya, Yesus berdoa kepada Bapa-Nya (Yoh 17:1-26). Doa yang panjang ini disebut Doa Imam Agung dan merupakan Surat Wasiat Yesus kepada para murid-Nya. Yesus berdoa, pertama: untuk tugas perutusan-Nya sendiri. Kedua, untuk para murid-Nya. Ketiga, untuk semua saja yang kemudian akan menjadi murid-Nya.
  2. Bab 17 ini merupakan teks yang berbeda dari biasanya. Disebut berbeda karena berupa sebuah doa. Maka Bab 17 tidak cukup hanya dibaca sepintas dan tidak cukup dipahami dengan akal budi, tetapi harus dibaca lagi dan lagi, direnungkan dan diresapkan.
  3. Ay 1-3: “Bapa, telah tiba saatnya.” Saat yang ditunggu cukup lama (Yoh2:4; 7:30; 8:20; 12:23.27; 13:1; 16:32). Saat merupakan situasi di mana Yesus dimuliakan melalui Sengsara, Kematian, dan Kebangkitan. Dalam doa ini, Yesus mengungkapkan suasana hati yang begitu intim dan jiwa yang mendalam karena kehadiran Bapa dalam hidup-Nya.
  4. Ay 4-8: “Bapa, mereka akan mengakui bahwa Aku datang dari Bapa.” Dalam melihat kembali hidup-Nya, Yesus melihat dirinya sebagai pewahyuan Bapa yang diperuntukkan bagi sahabat-sahabat-Nya yang telah diberikan Bapa kepada-Nya. Yesus tidak hidup untuk diri-Nya sendiri. Ia hidup agar semua orang memperoleh cahaya kebaikan dan kasih.
  5. Ay 9-11a: “Segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku.” Ketika Yesus meninggalkan dunia, Yesus mengungkapkan kepada Bapa tentang kekawatiran-Nya terhadap para sahabat-Nya dan berdoa bagi mereka yang Ia tinggalkan di dunia ini. Walaupun mereka berada di dunia ini, tetapi mereka bukanlah dari dunia ini. Mereka milik Yesus, milik Allah, dan mereka merupakan tanda-tanda Allah dan Yesus di dunia ini. Yesus khawatir terhadap orang-orang yang tinggal, maka Ia berdoa bagi mereka.
  6. Setelah membaca Injil dan renungan ini, ketika Anda mendekati ajal kematian nanti, kira-kira pesan apa yang akan Anda sampaikan kepada anggota keluarga Anda dan komunitas/lingkungan Anda?

 

(MS)