SABDA, Sabtu, 15-4-2017, MALAM PASKAH: HIDUP PENUH SUKACITA DAN SIAP MENJADI RASUL TUHAN

BACAAN

Kej 14:15-15:1 – “Orang-orang Israel berjalan di tengah laut yang kering”
Mat 28:1-10 – “Ia telah bangkit, dan mendahului kamu ke Galilea”

 

RENUNGAN

  1. Kebangkitan merupakan peristiwa yang mengubah segala sesuatu. Perubahan itu diawali ketika dua perempuan mendapati kubur kosong saat fajar menyingsing. Kita tidak tahu, apa motif mereka datang ke kuburan pada pagi menjelang fajar itu. Karena mereka sangat mengasihi Yesus, mungkin, mereka ingin mengungkapkan kedukaan mereka.
  2. Kehadiran malaikat menghendaki bukan ingin Yesus keluar dari kubur, tetapi menghendaki agar dua wanita tersebut masuk dan melihat kubur yang telah kosong itu. Tentu realitas kubur kosong membuat mereka takut, terperanjat, dan heran. Tetapi malaikat berkata kepada mereka: “Janganlah kamu takut; …. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, …”
  3. Peristiwa Yesus bangkit terjadi pada pagi menjelang fajar. Malam telah berlalu dan bergantilah fajar, yang artinya terang. Malam gelap dimulai sejak Adam jatuh ke dalam dosa. Kini, dalam Yesus, cahaya kehidupan bangkit bersama dengan matahari pagi. Artinya sinar sukacita abadi menerangi dunia. Dosa dan kematian telah dikalahkan. Kebebasan mengawali umat Yesus. Belas kasih Allah bagi para pendosa telah dinyatakan. Ini semua karena mukjijat kebangkitan Yesus.
  4. Kebangkitan selalu membawa suasana baru: “Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.” Ada suka cita dan siap memberitahukan kepada orang lain. Demikian kata-kata yang selalu disampaikan oleh Tuhan yang bangkit: “Salam bagimu” atau “damai sejahtera bagimu.” Kemudian diikuti dengan suatu perintah: “Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, …”
  5. Apakah kita sudah bangkit? Tandanya ini: hidup yang selalu sukacita karena iman akan Tuhan Yesus yang bangkit dan siap mewartakan kabar gembira kebangkitan kepada orang-orang di sekitar kita. Hidup yang menjadi berkat.
  6. SELAMAT MERAYAKAN PASKAH TUHAN.

 

(MS)