SABDA, Rabu, 30-11-16 Pesta St. Andreas Rasul, MENJADI PENJALA MANUSIA DEMI KERAJAAN ALLAH

BACAAN
Rom 10:9-18 – “Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakanNya?”
Mat 4:18-22 – “Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia”

 

RENUNGAN

  1. Hari ini Gereja merayakan pesta St. Andreas Rasul. Bersamaan dengan dipanggilnya Andreas, dipanggil pula Simon (Petrus), Yakobus, dan Yohanes. Mereka dijadikan penjala manusia.
  2. Siapa mereka ini? Mereka adalah para nelayan, berbau, hitam legam dan dekil. Yesus memilih orang2 biasa. Mereka bukanlah orang2 profesional, tidak berpendidikan, tidak memiliki harta kekayaan dan posisi dalam masyarakat. Mereka diambil dari orang2 biasa utk mengerjakan hal2 yang luar biasa.
  3. Mereka dipanggil untuk meninggalkan segala sesuatu yang mereka miliki untuk mengikuti Yesus dan menjadi rasul2Nya. Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” Tanpa pikir panjang, “merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia.” Bagi mereka, Yesus adalah idola. Dan setiap orang rindu untuk menjadi muridNya.
  4. Bagaimana dengan kita? Kita dipanggil Tuhan untuk “menangkap orang” agar orang itu masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Artinya, melalui hidup kita, kita mencoba mempengaruhi orang lain agar mereka mengikuti Kristus juga. Dengan kata lain, kita harus membawa sukacita kepada mereka yang berada di sekitar kita.
  5. Sekarang ini banyak umat Kristen yang mlempem, tidak mengalami suka cita, tidak siap menjadi saksi Kristus, karena beban yang banyak dan tidak mau melepaskannya demi memperoleh Kerajaan Sorga. Beban itu apa saja? Beban karena dosa, karena takut diketahui sebagai orang beriman, karena lebih mementingkan nilai2 duniawi, karena acuh-tak-acuh terhadap nilai2 rohani dan terhadap Allah. Beban itu hanya akan menghantar kepada kematian abadi.
  6. Adven adalah masa yang indah untuk memulihkan panggilan kita: berani meninggalkan segalanya demi memperoleh suka-cita Kerajaan Sorga (ay 20). Jangan terlambat!

 

DOA

“Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah memanggil aku secara pribadi dengan namaku seperti Engkau telah memanggil murid2Mu yang pertama: Simon, Andreas, Yakobus, dan Yohanes. Penuhilah hatiku dengan suka cita InjilMu dan bantulah aku untuk menjadi seorang saksi iman tentang KerajaanMu kepada setiap orang yang aku jumpai.” Amin.

 

(MS)