SABDA, Senin, 28-11-16 HIDUP DLM IMAN DAN KERENDAHAN HATI

BACAAN
Yes 2:1-5 – “Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dlm terang Tuhan!”
Mat 8:5-11 – “Sesungguhnya iman sebesar ini tdk pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara org Israel”

 

RENUNGAN

  1. Yesus tdk hanya menerima dgn hangat seorang perwira Romawi tapi juga memuji dia. Di mata Yesus, perwira itu seorang yg luar biasa. Mengapa? Pertama, krn ia berani datang kpd Yesus, dan mohon belas kasihan utk budaknya. Ia berani menanggung resiko diejek dan ditertawakan oleh kroni2nya dan oleh org2 Yahudi yg membenci penjajah asing, krn menemui Yesus yg org Galilea. Kedua, ia mengasihi budaknya. Di dunia Romawi, budak diperlakukan seperti binatang, bukan sbg manusia. Ketiga, ia memiliki iman kpd Yesus, dan merendahkan diri dgn kata2: “Tuan, aku tdk layak menerima Tuan di dlm rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.” Ia percaya dan mengandalkan Yesus.
  2. Dengan iman dan kerendahan hati perwira tsb, maka Yesus mengabulkan apa yg ia minta: “Aku akan datang menyembuhkannya.” “Sesungguhnya iman sebesar ini tdk pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara org Israel.”
  3. Kata2 yg kita ucapkan sebelum menerima komuni suci: “Ya Tuhan, saya tdk pantas Tuhan datang kpd saya, tetapi berkatalah saja maka saya akan sembuh,” menggemakan kata2 perwira yg minta penyembuhan utk budaknya. Kata2 sebelum komuni tsb mengungkapkan ketidak pantasan kita utk menerima Tuhan di dalam hati kita, sekaligus agar kita disembuhkan dari dosa2 kita. Tuhan pun akan mengabulkan permintaan kita.

 

REFLEKSI
Apakah Anda siap mengalami ejekan, bahkan hinaan, dlm mempraktekkan iman kita dlm hidup sehari-hari? Iman spt apa yg ingin Anda wariskan kpd anak cucu Anda? Dlm masa Adven ini apa yg seharusnya Anda buat utk menyenangkan hati Tuhan?

 

DOA
Bapa di sorga, Engkau tlh mengirim AnakMu ke dunia ini, shg kami dibebaskan dari perbudakan dosa dan kematian. Tambahkanlah iman kami dan berilah kami kebebasan utk mengasihi dan melayani orang lain dgn murah hati dan kasih sebagaimana Engkau sendiri tlh mengasihi kami.

 

(MS)