SABDA, Minggu Adven II, 10-12-2017, BERTOBAT BERARTI MENGUBAH CARA HIDUP KITA AGAR SESUAI DENGAN HIDUP YESUS

BACAAN

Yes 40:1-5.9-11 – “Siapkanlah jalan bagi Tuhan”
2Ptr 3:8-14 – “Kita menantikan langit dan bumi yang baru”
Mrk 1:1-8 – “Siapkanlah jalan bagi Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya”

 

RENUNGAN

  1. Yohanes Pembaptis menyiapkan bangsanya untuk menyambut Mesias, Anak Allah. Orang-orang kagum dan percaya kepada Yohanes. Ia sebagai orang yang suci dan berintegritas. Ia mengajar bangsanya untuk sadar akan dosa-dosa mereka dan bertobat. Bertobat tidak hanya menyesali dosa-dosa masa lalu, tetapi panggilan untuk mengubah jalan hidup mereka secara radikal.
  2. Ada hal sangat penting dalam mempersiapkan kedatangan Kristus sekarang ini: Tidak cukup hanya dengan mengaku dosa secara rutin sebelum Natal. Rasul Petrus mengingatkan: “Jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup … “ (2Ptr 3:11). Ketika kedatangan Kristus belum terjadi, hal ini berarti kesempatan bagi kita untuk mengubah dan memperbaiki cara hidup kita: “Kamu harus berusaha supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya” (2Ptr 3:14).
  3. Yohanes Pembaptis menyiapkan jalan bagi Yesus untuk datang di tengah-tengah kehidupan kita. Bacaan pertama mengingatkan: “Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan.” Hal ini berarti kita harus berani menyingkirkan segala rintangan untuk bisa berjumpa dengan Yesus. Masing-masing dari kita punya rintangan yang, sayangnya, terus kita pertahankan.
  4. Dua tindakan penting dalam mempersiapkan Natal: a) Pertobatan pribadi. b) Membawa orang lain untuk mengerti dan mengalami kasih Yesus.

 

(MS)