SABDA, Rabu 6-12-2017, YESUS MENYEMBUHKAN SEMUA PENYAKIT DAN MEMBERI MAKAN KEPADA BANYAK ORANG YANG LAPAR

BACAAN

Yes 25:6-10a – “Tuhan akan menghidangkan suatu jamuan, dan menghapus air mata dari wajah semua orang”
Mat 15:29-37 – “Yesus menyembuhkan banyak orang sakit dan melipat-gandakan roti”

 

RENUNGAN

  1. Unsur yang membentuk Kabar Gembira selalu sama, yaitu: Yesus, gunung atau bukit, laut, kerumunan orang banyak, orang sakit, orang-orang yang membutuhkan pertolongan, dan masalah-masalah kehidupan.
  2. Seperti Musa, Yesus naik ke sebuah gunung dan orang-orang berkumpul di sekitar-Nya. Mereka membawa masalah mereka masing-masing: orang sakit, orang buta, orang tuli, dan lainnya. Mereka adalah Umat Baru yang berkumpul di sekitar Musa Baru. Yesus menyembuhkan mereka semua.
  3. Yesus memanggil para murid-Nya. Ia tergerak oleh belaskasihan terhadap orang-orang yang kelaparan dan tidak mempunyai makanan. Menurut para murid, pemecahan masalah harus datang dari luar. Maka mereka mengatakan: “Bagaimana di tempat sunyi ini kita mendapat roti untuk mengenyangkan orang banyak yang begitu besar jumlahnya?” Menurut Yesus, pemecahan masalah harus datang dari orang-orang yang bersangkutan lewat pertolongan-Nya. Yesus berkata kepada para murid: “Berapa roti ada padamu?” Mereka menjawab: “Tujuh, dan ada lagi beberapa ikan kecil.” Dengan beberapa roti dan ikan, Yesus memuaskan semua orang yang lapar, dan masih ada sisa tujuh bakul.
  4. Jika hari ini orang-orang mau berbagi dari apa yang mereka miliki, pasti tidak akan ada kelaparan di dunia ini, bahkan akan banyak yang masih tersisa. Sungguh, dunia yang lain, dunia tanpa kelaparan, akan sangat mungkin.
  5. Laporan tentang penggandaan roti hendak mengatakan tentang Ekaristi Kudus: “Yesus mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikan kepada para murid-Nya.”

 

(MS)

Leave a Reply