SABDA, Selasa 28-11-2017, AKHIR JAMAN ITU AKAN TIBA

BACAAN

Dan 2:31-45 – “Allah akan mendirikan sesuatu kerajaan yang takkan binasa selama-lamanya”
Luk 21:5-11 – “Tidak ada satu pun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain”

 

RENUNGAN

  1. Injil hari ini berupa percakapan tentang akhir jaman. Percakapan diawali ketika beberapa orang mengagumi Bait Allah karena keindahannya. Dan Yesus berkata: “Apa yang kamu lihat di situ – akan datang harinya di mana tidak ada satu batu pun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain: semuanya akan diruntuhkan.” Para murid bertanya: “Guru, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?”
  2. Tanda-tanda jaman yang mengerikan sering terjadi, misalnya banjir bandang, tsunami, perang dahsyat, pembunuhan dan pembersihan etnis, termasuk pembersihan orang-orang beriman, dan orang mengatakan bahwa kiamat sudah dekat. Penghancuran Yerusalem dan Bait Allah serta penyiksaan orang-orang Kristen awal dirasakan sepertinya akhir jaman akan segera tiba.
  3. Dalam peristiwa alam yang mengerikan tersebut, akan banyak penyesatan yang dilakukan oleh orang-orang yang mencari untung dengan mengatakan: “Kamu akan selamat kalau mengikuti agamaku.” Banyak yang bingung, ragu-ragu, dan ada yang meninggalkan Kristus demi mengikuti mereka. Tetapi Tuhan Yesus berkata: “Janganlah kamu mengikuti mereka.”
  4. Kalau Yesus menubuatkan kehancuran Yerusalem dan dunia, tidak bertujuan untuk menakut-nakuti, melainkan meneguhkan iman kita bahwa akhir jaman sungguh sangat penting. Kedatangan Kristus merupakan saat yang penuh sukacita karena membawa keselamatan bagi kita. Bagi jemaat Kristen awal, kedatangan Kristus sungguh dirindukan dengan berseru: “Maranatha” – “Datanglah, Tuhan Yesus.”
  5. Maka sikap iman yang harus kita bangun adalah: a) Percaya dan setia kepada Kristus dalam situasi apapun; Kristus adalah Damai Sejahtera kita. b) Selalu membantu orang lain dengan rela sebagai wujud kesaksian sebagai murid Kristus. c) Melakukan pertobatan nyata.

 

(MS)