SABDA, Jumat 20-10-2017, JANGAN TAKUT !!!

BACAAN

Rom 4:1-8 – “Abraham percaya kepada Allah, dan hal itu diperhitungkan sebagai kebenaran”
Luk 12:1-7 – “Rambut kepalamu terhitung semuanya”

 

RENUNGAN

  1. Injil hari ini menghadirkan kritik terakhir Yesus melawan para penguasa agama pada jaman-Nya.
  2. Ay 1a – Ribuan orang mencari Yesus: “beribu-ribu orang banyak telah berkerumun, sehingga mereka berdesak-desakan.” Situasi ini menampakkan popularitas Yesus yang begitu besar dan keinginan orang-orang untuk berjumpa dengan Dia. “Mereka seperti domba tanpa gembala” (Mk 6:34).
  3. Ay 1b – Yesus, pertama-tama, mengajar para murid-Nya: “Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang Parisi.” Ragi disamakan dengan kemunafikan. Kemunafikan berarti menyembunyikan kebenaran. Di luar nampak bagus, di dalamnya tertimbun kebusukan. Kelihatannya nampak saleh dan taat pada Firman Allah, tetapi kehidupan tiap hari berlawanan. Yesus menghendaki perubahan, yaitu kesamaan kata, sikap, dan tindakan; tidak ada yang tersembunyi.
  4. Ay 2-3 – Apa yang tersembunyi akan dinyatakan. Para murid diharapkan memiliki ketulusan, kesungguhan hati dan tidak menyembunyikan kebenaran. Mereka tidak perlu takut menyampaikan kebenaran. Para murid harus mengajarkan kebenaran yang diperoleh dari Yesus, tidak boleh menyimpan untuk dirinya sendiri, tetapi harus menyebarkan kepada semua orang.
  5. Ay 4-5 – Jangan takut. Para murid tidak boleh takut terhadap mereka yang bisa membunuh tubuh, mereka yang menganiaya dan membuat seseorang menderita. Mereka dapat membunuh tubuh, tetapi tidak dapat membunuh kebebasan dan roh. Mereka tidak boleh takut terhadap penderitaan; takut terhadap penderitaan berarti menolak kebenaran dan akhirnya menyakiti hati Allah. Siapa saja yang memisahkan diri dari Allah akan hilang untuk selama-lamanya.
  6. Ay 6-7 – Engkau lebih berharga daripada banyak burung pipit. Para murid tidak boleh takut terhadap apa pun, karena mereka berada di tangan Allah.
  7. Orang beriman yang percaya kepada Kristus, sejak Gereja awal sampai sekarang, selalu mengalami kesulitan karena iman: diganggu, difitnah, dikejar-kejar, dibunuh. Banyak martir, namun juga banyak orang meninggalkan Kristus demi “selamat” di dunia ini. Bagaimana dengan Anda?

 

(MS)