KATA-KATA KRISTUS BAGI PARA IMAM

Kata-kata Yesus yang ditujukan kepada para imam lewat St. Faustina ini dikutip dari Buku Catatan Harian (BCH) St. Faustina. Semoga kata-kata Yesus ini menjadi bekal bagi para imam dalam menjalankan tugas perutusan mereka, khususnya dalam menyampaikan kerahiman Allah yang tanpa batas.

BCH 50:
“Aku menghendaki agar para imam berkhotbah tentang kerahiman-Ku yang besar terhadap jiwa orang-orang berdosa. Orang berdosa jangan takut menghampiri Aku. Nyala kerahiman sedang membakar Aku. Aku ingin mencurahkannya atas jiwa-jiwa itu.”

Kata-kata kunci:

• Berkotbah tentang kerahiman.
• Orang-orang berdosa tidak perlu takut.
• Allah mencurahkan kerahiman-Nya.

Apakah Kitab Suci membicarakan hal tersebut? Bacalah ayat-ayat di bawah ini:
Mt 4:17         “Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat!”
Mt 11:28-30 “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat.”
Luk 6:36       “Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.”
Luk 15:32      Anak yang hilang
Yoh 19:28     “Aku haus.”

BCH 177:
Dan sekali lagi Yesus berkata kepadaku dengan mesra: “Putri-Ku, berbicaralah dengan para imam mengenai Kerahiman-Ku yang tak terselami. Api kerahiman membakar Aku; Aku ingin terus mencurahkannya ke atas jiwa-jiwa, tetapi jiwa-jiwa tidak mau percaya kepada kebaikan-Ku.”

Kata-kata kunci:

• Para imam sendiri perlu mengetahui kerahiman Allah dan percaya kepada-Nya.

Ayat-ayat Kitab Suci yang mendukung BCH 177:

Yoh 13:1    “Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya, demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.”
Yoh 15:13   “Tidak ada kaksih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.”
Yoh 15:15   “Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.”

BCH 570:
“Tidak satu jiwa pun akan dibenarkan sebelum ia berpaling kepada kerahiman-Ku dengan penuh kepercayaan. Inilah sebabnya Hari Minggu pertama sesudah Paskah harus dirayakan sebagai Pesta Kerahiman. Pada hari itu, para imam harus memberitahukan kepada setiap orang kerahiman-Ku yang agung dan tak terselami. Aku menjadikan engkau pembagi Kerahiman-Ku. Katakan kepada bapak pengakuanmu bahwa Gambar Kerahiman Ilahi itu harus dipajang di gereja, bukan dalam klausura di biara itu. Melalui Gambar itu, Aku akan memberikan banyak rahmat kepada jiwa-jiwa. Oleh karena itu biarlah setiap jiwa mendapat kesempatan untuk menghampirinya.”

Kata-kata kunci:

• Jiwa membutuhkan kerahiman Tuhan untuk selamat.
• Pesta Kerahiman Tuhan merupakan hari pertobatan dan pengampunan.
• Para imam hendaknya mengatakan kepada setiap orang tentang kerahiman-Nya.
• Lukisan Kerahiman Tuhan merupakan bejana yang penuh rahmat.

Sumber Kitab Suci:
Gal 2:20b          “Aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.”
2Kor 5:14-15     “Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti,  bahwa jika satu orang telah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati. Dan jika Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.”
Yoh 20:19-23   “Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang aku mengutus kamu.” … Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”
Luk 24:50-52   “Ketika Ia memberkati mereka, Ia terpisah dari mereka dan terangkat  ke surga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya.”
Kis 3:26            “Bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan  mengutus-Nya … kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu.”

BCH 687:
Ketika aku melewati lorong menuju ke dapur, aku mendengar kata-kata ini dalam jiwaku: “Daraskanlah tanpa henti Koronka yang telah Kuajarkan kepadamu. Barangsiapa mendarasnya akan menerima kerahiman yang besar pada saat kematiannya. Hendaklah para imam menganjurkan doa ini kepada para pendosa sebagai harapan terakhir untuk beroleh keselamatan. Bahkan kalau ada seorang pendosa yang sangat keras hatinya, asalkan ia mau mendaras Koronka ini satu kali saja, ia akan menerima rahmat kerahiman-Ku yang tak terbatas. Aku ingin memberikan rahmat yang tak terbayangkan kepada jiwa-jiwa yang berharap kepada kerahiman-Ku.”

Kata-kata kunci:

• Doakanlah Koronka.
• Koronka dianjurkan untuk didoakan bagi orang yang meninggal dan para pendosa
• Tuhan menghendaki agar seluruh dunia: tahu, menerima dan percaya akan                Kerahiman-Nya yang tanpa batas.

Sumber Kitab Suci:
1Yoh 2:2          “Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.”
Ibr 4:16            “Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri tahta kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.”
Luk 12:32-34  “Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.”
Ef 2:4-5            “Allah yang kaya dengan rahmat, … telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekali pun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita.”
2Kor 1:9-11      “Bahkan kami merasa, seolah-olah kami telah dijatuhi hukuman mati. Dari kematian yang begitu ngeri, Ia telah dan akan menyelamatkan kami: kepada-Nya kami menaruh pengharapan kami, bahwa Ia akan menyelamatkan kami lagi,”

BCH 1521:
Tuhan berkata kepadaku: “Putri-Ku, jangan lelah memaklumkan kerahiman-Ku. Dengan cara ini engkau akan menyegarkan Hati-Ku yang bernyala-nyala dengan api belas kasih bagi orang-orang berdosa. Katakanlah kepada para imam-Ku bahwa orang-orang berdosa yang keras hati akan bertobat pada saat mendengar mereka berbicara mengenai kerahiman-Ku yang tak terbatas, dan tentang kemurahan Hati-Ku terhadap mereka. Kepada para imam yang memaklumkan dan memuliakan kerahiman-Ku, Aku akan memberikan kekuatan yang mengagumkan; Aku akan mengurapi kata-kata mereka dan menyentuh hati orang-orang yang akan mendengarkan perkataan mereka.”

Kata-kata kunci:

• Muliakanlah kerahiman-Nya.
• Nyatakanlah kerahiman-Nya.
• Kekuatan yang mentakjubkan akan diberikan.
• Hati akan terbuka.

Sumber Kitab Suci:
Mrk 6:12-13    “Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat.”
Yoh 14:12        “Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu.”
Kis 2:37-38     “Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara? Jawab Petrus: Bertobatlah dan Hendaklah kamu mamsing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.”

 

MS,  Jakarta, 4 Agustus 2017