SABDA, Sabtu, 27-5-2017, DALAM NAMA YESUS KITA BERDOA

BACAAN

Kis 18:23-28 – “Apolos membuktikan dari Kitab Suci, bahwa Yesus adalah Mesias”
Yoh 16:23b-28 – “Bapa mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya bahwa Aku datang dari Allah”

 

RENUNGAN

  1. Dalam Injil hari ini Yesus berjanji kepada para murid-Nya, bahwa apa saja yang mereka minta kepada Bapa dalam nama Yesus, akan diberikan. Hal ini menunjukkan bahwa mereka, ketika berdoa kepada Bapa, tidak melalui Yesus. Doa dengan pengantaraan Yesus ini sudah menjadi hal yang biasa seperti kita buat dalam setiap doa: “Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.”
  2. ”Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu” (ay 24). Ayat ini tidak mengatakan bahwa kita bisa minta apa saja yang muncul dari kepala kita secara spontan. Bila kita berdoa, yang utama adalah minta apa yang benar-benar kita butuhkan, bukan sekedar apa yang kita inginkan.
  3. Dan apa yag paling kita butuhkan ialah dekat dengan Allah, serta segala sesuatu yang membuat kita makin dekat dengan kehendak-Nya dan memampukan kita bekerja demi Kerajaan Allah. Doa seperti ini akan dijawab, walaupun sering tidak persis seperti yang kita minta. Namun sering juga bahwa doa kita dikabulkan melebihi apa yang kita harapkan.
  4. Ketika para murid minta sesuatu dalam nama-Nya, Yesus berkata: “Tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa” (ay 26). Alasan Yesus mengatakan hal tersebut: “sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Bapa” (ay 27). Bapa di surga tahu segala kebutuhan kita dan Ia ingin memenuhkan kita dalam kasih-Nya.
  5. Ketika kita memiliki relasi kasih dan iman secara mendalam dengan Bapa dan Yesus, maka pengantara tidak dibutuhkan. Apa yang kita sampaikan kepada Yesus, otomatis sampai kepada Bapa.
  6. Apakah dalam doa-doaku berjalan dengan tenang dan hening, sehingga aku mengalami damai secara mendalam? Sejauh mana usahaku untuk semakin tumbuh akrab dengan Yesus?

 

(MS)