SABDA, Sabtu, 22-4-2107, KITA DIUTUS UNTUK MENYAMPAIKAN KABAR BAIK KEPADA SEMUA MAKHLUK

BACAAN

Kis 4:13-21 – “Tidak mungkin bagi kami untuk tidak berkata-kata tentang apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar”
Mrk 16:9-15 – “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk”

 

RENUNGAN

  1. Mrk 16:9-11: Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena, tetapi murid-murid yang lain tidak percaya kepada kesaksian Maria Magdalena. Pertama-tama, Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena. Ia pergi dan mengatakan kepada murid-murid yang lain. Untuk datang ke dunia, Tuhan tergantung kepada rahim seorang perawan Maria dari Nasaret (Luk 1:38). Untuk dikenal bahwa Ia hidup di tengah-tengah kita, Ia tergantung pada pemberitaan seorang wanita yang telah dibebaskan dari tujuh dosa, yang bernama Maria dari Magdala. Tetapi murid-murid lain tidak percaya kepadanya. Markus mengatakan bahwa Yesus, untuk pertama kali, menampakkan diri kepada Maria Magdala ini. Dalam catatan penampakan seperti ditulis Paulus dalam 1Kor 15:3-8, penampakan Yesus kepada perempuan tidak ditulis. Ternyata orang-orang Kristen awal mempunyai kesukaran untuk percaya kepada kesaksian para wanita. Ini sebuah kekurangan!
  2. Ay 12-13: Yesus menampakkan diri kepada para murid, tetapi yang lain tidak percaya kepada mereka. Tanpa banyak detil, Markus menunjuk kepada sebuah penampakan Yesus kepada dua murid, “ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota.” Mungkin hal ini hendak menyampaikan ringkasan penampakan Yesus kepada murid-murid Emaus, yang dikisahkan oleh Lukas (Luk 24:13-35). Markus menekankan bahwa “yang lain tidak percaya kepada kesaksian mereka.”
  3. Ay 14-15: Yesus mengkritik ketidakpercayaan mereka dan memerintahkan mereka untuk memberitakan Injil kepada semua makhluk. Karena alasan ini, Yesus menampakkan diri kepada Kesebelas murid-Nya dan mencela mereka, karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang melihat bahwa Dia bangkit. Sekali lagi, Markus menunjukkan penolakan para murid terhadap mereka yang percaya tentang Kebangkitan Yesus. Mengapa? Ada dua hal yang ingin disampaikan: Pertama, iman kepada Yesus terjadi karena seseorang yang memberi kesaksian tentang Yesus. Kedua, tidak perlu berkecil hati bila sedang mengalami keraguan atau ketidak percayaan dalam hati.
  4. Injil hari ini diakhiri dengan pengutusan: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.” Yesus menugaskan mereka untuk menyampaikan Kabar Baik kepada semua makhluk. Tugas mereka adalah tugas kita.

 

(MS)